Selasa, 18 Desember 2012

Belajar Bahasa Vietnam yuuuk!!

Catatan Pengalaman berbasis Pengamalan, Cieee.. ^^
Oleh Ismail Sunni Muhammad




Bermula dari sekedar killing the time dengan aplikasi chat sosial baru dari teman, WeChat. Hampir mirip dengan WhatsApp sih, bisa kirim pesan teks, gambar dan suara. Hanya saja, honestly menurutku masih lebih keren WeChat. Emoticonnya jauh lebih unik, macam-macam dan tampilannya lebih fresh. Sekalipun bandwithnya juga secara otomatis lebih banyak, dua atau bahkan tiga kali lipatnya WhatsApp.

Kembali ke topik, ternyata Wechat ini, aplikasi yang terkenal dan lagi naik daun di Cina. Hampir 85% pengguna WeChat berasal dari penduduk negeri yang terkenal dengan Tembok Besarnya ini atau keturunan cina yang ada di belahan bumi lainnya.




Nilai lebihnya lagi, ada fitur pencari sahabat dari negeri lainnya. Pertama, shake, dengan meng-shake HP kita, layaknya mengeluarkan dadu dari goyangan tangan, yang keluar itulah yang jadi sahabat kita. Tidak secara langsung sih, musti send greetings dulu, kalau diterima, baru bisa jadi teman. Berkali-kali nge-shake, kalau pagi sering dapat dari Thailand, Vietnam, Singapur, Malasyia, Cina. Kalau malam lumayan berkelas, ada dari United States,  Inggris, Australia, Jepang, Korea, Italia, bahkan Spanyol. Jarang banget dapat dari negeri sendiri, Indonesia.

Itu juga nge-shake terasa kalau kamu pakai HP Android, goyangkan ke kanan ke kiri gitu. Kalau Symbian, ada gambar HP, tinggal di tap gitu aja, entar gambar Hpnya yang bergoyang.

Fitur kedua, look around, semisal kamu ada di tengah alun-alun kota, kamu tekan fitur ini dan kamu akan dapatkan orang lain di sekitar alun-alun yang juga menggunakan Wechat, keren kan. Fitur ketiga, Drift bottle, fitur kali ini sedikit romantis, lho kok? Ea, layaknya kamu ada di depan pantai, buat sebuah surat bermuatkan cinta, cita dan harapan, masukkan ke sebuah botol dan lemparkan ke laut. Kamu juga bisa mengambil botol kiriman dari pengguna wechatnya. Dan tentunya, isi botol bisa gambar, teks atau suara.

Multi nation membuat kamu mau tidak mau musti menggunakan bahasa internasional, bahasa Inggris. Yah, meski bahasa Inggrisku tidak terlalu bagus, but I have enough self- confidence to express what I’m feeling, using English. Dari sini, Wechat juga semakin membuka mataku, bahwa tidak semua orang di luar negeri, bisa bahasa Inggris juga, buktinya, sempat ketemu juga dengan orang Spanyol, Cina, Thailand dan Vietnam, must stop the chat, wonder why? Absolutely coz They can’t speak English.

Beruntungnya, entah itu hari apa ya, my good day probably, met with a Vietnam girl, namanya Sora is Ichiban, sampai sekarang aku nggak tahu, kenapa dia pakai nama itu as her user name. aku panggil aja Sora, Sora and Sora. Guess what? She felt annoyed, She said, that isn’t my real name, dude.Panggil aku Sam.

Umur lebih tua dua tahun dari aku, lulusan jurusan ekonomi. Pertama, memang sih perkenalan berasaformal banget, setelahnya, mengalir begitu aja. Dia begitu banyak beri aku some new terms I didn’t ever use it before. So, aku juga bantu dia untuk relive and renew her with my English. Hehehe.

Niatnya? Uda diatur sejak awal, cari sahabat dan ambil manfaat dari orang lain, dan dari Wechat dan Sam, aku bisa belajar bahasa Vietnam. Kebanyakan bersifat tekstual,karena memang untuk kirim suara bakal habis banyak, and we have understood each other about this matter. Terbukti, sulit banget, swear mengucapkan kata dengan bahasa dan logat mereka. At the end, gpp lah, yang penting sudah lumayan tahu beberapa kata untuk berkenalan dan memulai percakapan dengan viet girls, ups, viet people I meant. 

Berikut beberapa kata yang digunakan untuk memulai percakapan yang kudapatkan dari dia (Sam) dan beberapa teman Vietnam lainnya. Semoga bisa membantu dan memperkaya wawasan, lumayan formal sih, untuk selanjutnya, terserah kamu, mau berkata dan berlaku apa. 

Ban Tan gi?
Siapa nama kamu?

Rat vui duoc gap ban?
How do you do?

Anh nho em
Aku rindu kamu

Cam on nhieu,
Thanks a lot

Rat vui khi gap ban
Nice to meet you

Hom nay ban (thay) the nao?
How are you today?

Neu anh biet noi tieng viet thi tot qua, co the giup e tieng anh nhieu hon.
If you good at Vietnamese, you can help me better understanding English

Hay Vay
Very good

Chao buoi sang
Good morning

Chao buoi trua
Good afton

Chao buoi toi
Good evening

Ngu ngon
Good night,

Ban chua ngu sao?
Are you not sleepy?

Chua
Belum

Trong ban rat xinh dep
Kamu cantik banget

Ngoc lih
Aku nggak tahu

K’ dung roi
You are right

Tot
Fine

Khong co gi
You are welcome

Toi xin loi
Maafin aku ya

Ban rat tot voi toi
Kamu baik banget ma aku

Ban noi duoc tieng viet ha?
Do you speak Vietnamese?

Tai sao?
Why?

Cai gi?
What?

Khi nao?
When?

O dau?
Where?

Ai?
Who?

Nhu the nao?
How?

Khong co chi
No problem

Gioi
Good

Chuc ban co giac mo dep
Have a beautiful dream!

Cam on!
Terima kasih

Chua ngu ha ban?
Belum tidur?

Sinh nhat ban ngay may?
When is your birthday?

Chuc mung sinh nhat ban
Happy Birthday to you

Thay vui
Happy and Fun

Toi/Anh
Aku

Ban
Kamu

Ho
Mereka

Chung ta
We

Anh ay
He

Co ay
She

Biet
Can

Tieng
English

Noi
Speak

Ko
Not

Ko biet noi tieng anh
Aku gak bisa bicara bahasa Inggris

Anh la nguoi viet ha?
Are you a Vietnamese?

Minh co the lam ban voi ban duoc k?
May I be ur friend?

Ban bao nhieu tuoi?
Umur kamu berapa?

Toi 18 tuoi
My Old is 18

Toi muon ban, toi can ban, toi yeu ban
I want you, I need you, I love you

Gap ban la n sau nhe’
See u later

Ban co noi duoc tieng anh khong?
Can u speak English?


Terima kasih sudah mampir membaca atau sekedar melihat aja. Hihihi .. ^_^


2 komentar:

  1. gan..,saya juga punya temen fb orang vietnam..
    dan bahasanya emang gitu,tapi yang saya lihat diatas beleum mirip sama temen vietnam saya.
    biasanya itu tulisannya ada kayak tanda tanda aneh,kayak ada harakatnya gitu..,kayak gini nih : tôi thích
    nah itu gimana menurut agan..?
    thanks before..^.^

    BalasHapus
    Balasan
    1. he em, bener bgt, ada sedikt ornamen di beberapa hurufnya, cuma gak ada di keyboard, jadi y seadanya, gan. :)

      Hapus