Jumat, 27 September 2013

~ Perbedaan antara Home dengan House, serta Hotel dengan Motel

#BelajarBahasaInggris


         Bisa gak kamu bedakan perbedaan utama antara kata home dan house yang bermakna satu, yaitu rumah? Nah, disini lah semuanya bermula, kamu pasti pernah mendengar tutor bahasa Inggris kamu berpendapat, bahwa Home adalah tempat dimana seseorang tinggal untuk kurun waktu yang lama [bahkan hingga akhir hayatnya]. Sedangkan House adalah tempat dimana seseorang tinggal untuk sementara [beberapa hari], tidak untuk waktu yang sangat lama.

Pada kesempatan ini, mari kita menguak perbedaan sebenarnya antara kedua kata tersebut, juga mengupas perbedaan antara hotel dan motel. Pasti pernah dengar juga kan kedua istilah tersebut? Dengar- dengar, tarif motel lebih murah daripada hotel. Juga, motel biasanya terletak di jalan besar dan berada di luar kota, sementara hotel berada di tengah kota.

Mari kita mulai penjelasan mengenai Home dan House. Apa yang tutor kamu katakan memang ada benarnya. Home adalah sebuah tempat dimana kamu menciptakan sebuah kehidupan untuk dirimu. Secara emosional, tempat itu membuatmu terikat dan terpikat. Seakan-akan tempat tersebut sudah menjadi bagian dari dirimu. Dengan memberikan ketenangan pikiran, perasaan aman dan nyaman, kebahagiaan serta rasa suka.

House tidak lebih dari sebuah bangunan, dengan tanpa adanya muatan emosi tersembul di dalamnya.  Seorang penyair kenamaan Amerika, Edgar A. Guest pernah menyisipkan dua kata ini dalam suatu syairnya. “It takes a heap of living in a house to make it home”. “Tiupkan timbunan harum kehidupan dalam sebuah House untuk menjadikannya sebuah Home”.

Pendek kata, house akan berubah menjadi sebuah home ketika ada seseorang di dalamnya yang melahirkan lingkungan khusus untuk hidupnya secara individual atau komunal. Penting juga mengingat bahwa beberapa orang membuat home di tempat-tempat lain yang berbeda dengan house seperti di gua, hunian di lereng jurang, igloo [rumah salju], wigwams [jenis rumah hampir mirip dengan rumah adat irian], dll. Perhatikan, titik temunya adalah apa yang membuatmu yakin kalau tempat-tempat yang kamu tinggali berhak dikatakan dan cukup spesial dinamakan home.

Apa yang kamu tahu tentang hotel dan motel juga tidak sepenuhnya salah. Motel kebanyakan berada di Jalan raya demi memudahkan akses penggunaannya, bentuknya juga jauh lebih kecil daripada hotel, yang oleh karenanya, harganya cukup bersahabat untuk saku kita.
Di sisi lain, kata motel sendiri berasal dari kata motor hotel. Yaitu, sebuah hotel dimana kamu bisa memarkir mobil kamu di depan suite yang kamu sewa. 20 atau 30 tahun yang lalu, motel banyak dibangun di sepanjang jalan raya, sehingga para pelancong/yang bepergian tidak harus sulit-sulit mencari-cari hotel di dalam kota. Pada saat itu, motel lebih murah daripada hotel, namun saat ini atmosfir telah berubah.

Kota demi kota telah banyak yang tumbuh berkembang. Batasan daerah semakin meluas hingga menyentuh daerah perbatasan di luar kota. Maka, ada beberapa  motel yang berada dalam lingkup kota, selain itu beberapa motel mematok harga sewa yang lebih mahal daripada hotel. Tentu itu tergantung pada sisi kualitas pendirian motel tsb.  Satu perbedaan yang cukup signifikan antara hotel dan motel saat ini adalah dengan motel, kamu dapat memarkir mobil kamu di depan kamar yang kamu sewa atau tempat lain yang lebih dekat sehingga mempermudah daya akses kamu dalam menggunakannya.

Ada juga loh, hotel yang berada di luar kota, tidak hanya motel saja. Perbedaan esensial lainnya adalah pintu masuk motel selalu berada di luar, sedangkan sebuah hotel memiliki sebuah  pintu masuk khusus yang menghubungkan jalan pada badan hotel serta sisi kamar-kamarnya terbuka dan terhubung dalam sebuah lorong [hallways]. Motel mungkin memiliki banyak penjelasan, tapi kamu masih harus menaiki tangga di sisi luarnya, dan berjalan di balkoni luar hingga kamarmu bila itu ada di lantai atas. Suatu kesalahan mengatakan motel selalu murah daripada hotel, begitu juga bergantung pada lokasi dimana ia bertempat untuk menentukan siapa yang paling murah.

        Credits on: http://www.usingenglish.com/forum/ask-teacher/10558-difference-between-home-house-2.html. Transliterated by me. :D Friday, 27 September 2013. 8.39 PM.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar